Jumat, 14 Juni 2013

Tombol Fn Tidak Berfungsi Laptop Toshiba

G tahu kenapa ketika aku utak-atik dulu (suka utak-atik tapi kadang g bisa balikin :-p) tiba-tiba tombol Fn tidak berfungsi. Tapi kasus di laptopku ini aneh, tombol Fn sebenarnya masih bisa berfungsi, soalnya ketika dipencet, nyala lampu kuning di bawah tombol F11. Namun, ada beberapa fungsi yang tidak bisa, seperti untuk menyalakan wireless dan bluetooth, sedangkan untuk brightness masih bisa berfungsi. Untungnya ketika saat aku utak-atik dan si Fn ngambek, wireless sudah nyala, jadi ya malah kebalik: nyala terus g bisa mati.
Awalnya aku pikir, install ulang saja lah, daripada repot-repot. Tapi ternyata itu bukanlah solusi yang tepat. Aku g tahu kenapa ya, tapi ketika aku install ulang, si laptop koq “masih sama saja” dengan yang dulu, hanya bedanya semua program ilang. Seharusnya kan wireless mati alias g nyala karena tidak ada drivernya, tapi koq ini masih nyala dan g mati. Begitulah, akhirnya aku hampirkan ni laptop yang bermasalah ke Lab. Komputer.
Aku akan sharingkan di sini, siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama dengan diriku. Sebagai catatan laptopku adalah Toshiba Satellite L510.
Pertama, setelah laptop di install ulang, cari dulu driver-drivernya. Soalnya, kadang tidak ada backup driver pada CD install, bahkan untuk windows yang asli. Dan itu terjadi pada diriku. Kita bisa mendowload drivernya di sini. Situs itu tidak hanya terbatas pada Laptop Toshiba seri Satellite L510, tapi untuk semua seri koq. Driver-driver yang penting seperti Webcam, LAN, Bluetooth, Card Reader, Audio, dan Touchpad mutlak harus di download. Sebagai catatan, ada berbagai macam driver untuk satu fungsi, misalnya untuk Audio, ada Atheros, Realtek, maupun Intel. Dan itu untung-untungan, maksudnya seperti ini, download saja semuanya, dan install satu per satu,  soalnya kadang ada yang tidak match.
Kedua, untuk Laptop merk Toshiba, harus menginstall Toshiba Value Added Package (VAP). Fungsinya adalah untuk mengaktifkan tombol Fn. Kadang ada yang sudah menginstall VAP tapi tetap masih tidak bisa. Kalau seperti ini kasusnya, install juga Toshiba Hot Key Utilities (HKU). Fungsinya sama seperti VAP, untuk mengaktifkan tombol Fn. Download aja keduanya, search aja/ di situs resminya di http://toshiba-asia.com/support/drivers, dengan tipe Laptop serta OS-nya, ada banyak koq. Insya Allah setelah itu tombol Fn sudah bisa berfungsi lagi. Hehehe.
Normalnya, setelah tombol Fn ditekan, akan muncul seperti “floating menu” yang letaknya di atas, seperti ini:
Nah, untuk kasusku yang “aneh”, ketika tombol Fn dipencet, tidak akan muncul floating menu seperti di atas. Nah, stres kan gw, kenapa g muncul, tapi lampu kuning di bawah F11 hidup, yang menandakan kalau tombol Fn berfungsi dan tidak rusak. Setelah browsing (di-browsing-in temenku si di Lab. Komputer, hehehe), ternyata ada satu lagi, yaitu kita harus me-restart Flash Cards. Letak dari Flash Cards ini ada di:
Start -> All Programs -> TOSHIBA -> Utilities -> Restart Flash Cards.
Nah, yang jadi masalah lagi adalah, apakah kita harus me-restart Flash Cards setiap kali kita menyalakan laptop? Itu bisa diatasi dengan menempatkan Restart Flash Cards pada menu Startup, sehingga setiap kali Laptop dinyalakan, secara otomatis akan merestart sendiri. Pindahkan saja Shortcutnya di Startup, di:
C:\Users\XXX\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup
*Ket: XXX isi dengan nama User Anda.
Untuk jaga-jaga saja, lebih baik Laptopnya direstart juga.
Semoga Membantu :-) .


Yang perlu dicatat, masalah kehilangan fungsi tombol FN ini (berdasarkan hasil browsing ane) memang jamak terjadi pada laptop keluaran Toshiba. Entah mengapa??
Secara umum solusi yang diberikan teman2 blogger:
1. Download Common Modules untuk driver laptop atau komputer sesuai seri. Trus install
2. Download Hotkey Utilities. Install.
Tetapi khusus untuk laptop ane Toshiba Portege Seri C600 ini mengalami kendala di driver. Mau download di web Toshiba nya sendiri blom tersedia tuh. Kurang updet kali yak web nya. Mestinya kalau service memuaskan kan sudah di upload tuh driver.
Alhasil, kotak-katik di C. Ane menemukan solusi instan yang sangat tidak cerdas. Ha…namanya juga instan (mie kalee). Bisa teman-teman coba:
1. Buka partisi di Drive C dimana semua driver Toshiba terinstall (kalo di laptop ane C:\Program Files\Toshiba)
2. Tekan tombol U untuk langsung ke folder Utilities. Atau kalo ane langsung ketik C:\Program Files\Toshiba\Utilities (supaya kesannya lebih instan he..)
3. Cari file Application KeNotify. Jika OS laptopnya pake Win7, pilih jalankan sebagai admin (Run as Administrator).
4. Akan muncul pilihan Yes or No. Pilih Yes.
5. Insya Allah setelah itu fungsi FN akan sehat kembali.
Sekian sharing instan kali ini. Walaupun caranya sangat tidak cerdas, tetapi semoga bisa membawa manfaat. Aamiin.








saya berhasil pake cara ini  ;


Tampilan Flash Cards pada Toshiba Satellite L510-S432 milik saya 

Suatu ketika saat hendak menyalakan wi-fi laptop saya -dinyalakan dengan kombinasi tombol Fn+F8-, tombol Fn yang ketika dipencet seharusnya menampilkan semacam floating menu -secara default akan muncul di bagian atas monitor- tak mau menampilkan menu tersebut. Menu yang disebut Flash Cards tersebut selain berfungsi untuk menghidupkan koneksi wireless juga berfungsi untuk mengatur kecerahan layar, mengatur
output ke LCD, mengatur power scheme, dll. Sialnya laptop saya ,Toshiba Satellite L510-S432 -begitupun dengan beberapa seri sejenis-, tidak memiliki switch di body untuk mengaktifkan koneksi wireless seperti tipe-tipe yang "berkasta" lebih tinggi dari Satellite, misalnya saja Portege.


Untuk fungsi-fungsi lain yang sering saya gunakan masih bisa saya temukan cara lain untuk mengaktifkannya melalui Control Panel, tapi tidak dengan fungsi mengaktifkan koneksi wireless. Penyebab dari masalah ini sampai saat ini belum jelas, tapi dugaan saya mungkin dikarenakan ada update Windows Vista yg tidak kompatibel dengan aplikasi Flash Cards dari Toshiba tersebut. Karena ini terjadi setelah saya meng-update Windows Vista saya melalu fitur Windows Automatic Updates.


Copy program shortcut Restart Flash Cards
dari folder TOSHIBA -> Utilities


Paste ke folder Startup

Masalahnya sebetulnya sederhana saja, Flash Cards tersebut tidak muncul setelah saya menekan tombol Fn karena setelah Windows di-update aplikasi Flash Cards tersebut tidak langsung berjalan saat Windows mulai dijalankan (autostart -red.). Sehingga aplikasi Flash Cards tersebut harus di-restart dengan meng-klik orb Windows (Start) -> All Programs -> TOSHIBA -> Utilities -> Restart Flash Cards. Namun karena merepotkan bila setiap menyalakan Windows harus me-restart si Flash Cards ini akhirnya saya akali saja dengan meng-copy shortcut Restart Flash Card di folder yang sudah saya sebutkan sebelumnya ke dalam folder All Program -> Startup. Dan masalah pun selesai. :)

CATATAN PENTING (UPDATE):
Trik ini berhasil hanya bila di laptop Anda sudah terinstal software TOSHIBA Value Added Package. Bila sistem operasi Windows laptop Anda adalah OEM (Original Equipment Manufacturer) alias sudah diinstal dari pabrik, Anda bisa menemukan master software TOSHIBA Value Added Package pada folder C:\Program Files\TOSHIBA\TOSAPINS\COMPS1 atau pada CD driver yang disediakan oleh produsen.

5 komentar:

  1. KeNotify tidak ada di laptop saya gan bagaimana ?
    thosiba n150

    BalasHapus
  2. terimaksih banyak bro...
    sangat memabntu sekali......
    gara2 otak atik msconfig jd kaya gini ni...

    BalasHapus
  3. maaf gan, tampilan bloggernya sangat gelap dan susah dibaca
    tolong dibikin yang terang saja

    BalasHapus
  4. maaf blog ini cuma hasil copy artikel dari beberapa blog ,karena masalah/kebutuhan yang terjadi pada saya ,
    saya pun jarang aktif , jadi pertanyaan ngak saya respon.

    MAAF untuk semuanya

    BalasHapus
  5. kalau mau aktifkan kamera thosiba c800 apa yg di tekan di keybord

    BalasHapus